Bosen di rumah aja? Belajar catur aja.
Temen-temen pasti udah ga asing lagi kan ya
dengan permainan yang satu ini? Catur adalah olahraga pikiran yang dimainkan
oleh dua orang. Kalau dilihat-lihat atau dipikir-pikir olahraga ini cukup sulit
jika belum tahu persis bagaimana cara bermain permainannya. Nah, pada
kesempatan ini aku mau berbagi sedikit tentang bagaimana cara bermain catur.
Pertama-tama kita harus tahu dulu nama serta cara menjalankan
bidak-bidak atau biji catur. Jika kita tidak tahu, otomatis tidak akan bisa
bermain catur. Coba lihat pada papan catur dan bidak-bidaknya, ada warna putih
dan hitam. Warna ini bertujuan untuk membedakan lahan dan bidak dari pemain
yang bersangkutan, ini juga menandakan bahwa permainan catur hanya dapat
dimainkan oleh dua orang. Papan catur terdiri dari 8 lajur dan 8 baris
kotak/petak berwarna hitam dan putih secara berselang-seling Jika kita
bermain sebagai pemegang bidak catur putih, maka kita tidak boleh memegang atau
memainkan bidak catur hitam.
Langkah pertama yang dilakukan kedua pemain yaitu masing-masing
pemain harus menempatkan 16 bidak catur sesuai dengan tempatnya secara
berhadap-hadapan. Pada bagian terdepan masing-masing barisan terdapat
8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda,
dua gajah (luncur), satu menteri atau ratu,
serta satu raja.
Setiap bidak catur memiliki gerakan yang
unik sebagai berikut:
1. Gerakan pion adalah maju satu petak ke
petak di depannya yang tidak ditempati. Pada gerakan awal, pion dapat bergerak
maju dua petak. Cara pion untuk memakan bidak lawan yakni secara diagonal,
apabila bidak lawan tersebut berada satu petak di diagonal depannya. Pion
memiliki dua gerakah khusus, yaitu en passant dan promosi.
Dua gerakan ini akan dijelaskan di bawah.
3. Kuda memiliki gerakan mirip huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Kuda adalah satu-satunya bidak yang dapat melompati bidak-bidak lain. Terkadang gerakan kuda bisa luput dari lawan karena keunikannya.
6.
Raja dapat bergerak satu petak ke segala arah. Raja juga memiliki gerakan
khusus yang disebut rokade yang turut melibatkan
sebuah benteng. Gerakan ini akan dijelaskan di bawah.
Saat permainan dimulai, pemegang bidak catur putih memulai langkah
pertama, lalu selanjutnya diikuti oleh pemegang bidak catur hitam. Begitu
seterusnya secara bergantian sampai permainan selesai. Bidak dapat dipindahkan
ke petak kosong atau pun yang ditempati oleh bidak lawan. Jika kita memindahkan
bidak ke petak yang ditempati lawan, ini berarti kita memakan bidak tersebut
dan mengurangi jumlah bidak lawan. Namun, kita harus berhati-hati saat akan
memakan bidak lawan, karena bisa saja lawan sengaja memberi umpan pada kita dan
akhirnya kita menjadi kewalahan atau bahkan kita menjadi kalah. Selain
itu, memakan banyak bidak lawan tidak membuat kita memenangkan permainan.
Tujuan permainan ini
adalah mencapai posisi skakmat, bukan berlomba-lomba mengumpulkan
jumlah bidak lawan yang dimakan. Skak mat bisa terjadi bila Raja terancam
dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak mana pun. Permainan catur tidak
selalu berakhir dengan kekalahan, karena bisa juga terjadi peristiwa seri
atau remis. Remis terjadi apabila kedua pemain tidak
dapat meneruskan permainan karena tidak bisa mencapai skakmat. Keadaan remis
ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis
yang tidak berdasarkan kesepakatan tetapi tetap terjadi disebut remis
abadi. Keadaan remis yang lain adalah pat, dimana pemain yang
memiliki giliran melangkah tidak bisa melangkahkan bidak apapun termasuk Raja,
tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur, pemain
yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, kalah 0, lalu draw 0,5.
Kata-kata asing dalam catur:
- Rokade (blockir) => merupakan
gerakan khusus dalam catur di mana Raja bergerak dua
petak menuju Benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan Benteng
pada petak terakhir yang dilalui Raja. Persyaratan rokade adalah sebagai
berikut: a. Bidak Raja dan Benteng yang akan dilibatkan dalam rokade
harus belum pernah bergerak; b. Tidak ada bidak lain di antara Raja dan
Benteng; c. Raja tidak sedang di-skak, dan petak-petak yang dilalui Raja
tidak sedang diserang oleh bidak lawan
- En passant => adalah
gerakan yang dapat dilakukan apabila pion lawan bergerak dua petak
maju pada gerakan awal, lalu pion kita berada dalam baris tujuan pion lawan
(di samping pion lawan yang baru dipindahkan), maka kita dapat memakan
pion lawan dan menempati petak yang baru saja dilalui pion tersebut
(seolah-olah pion lawan tersebut bergerak satu petak maju). Namun, gerakan
ini hanya dapat dilakukan sesaat setelah gerakan pion maju dua petak, atau
hak untuk melakukan gerakan en passant ini hilang.
- Promosi => Ketika pion berhasil
maju ke petak lawan baris paling akhir, pion tersebut dapat dipromosikan
dan dapat ditukar dengan bidak apapun berdasarkan keinginan pemain, yaitu
Ratu, Benteng, Gajah, atau pun Kuda dengan warna yang sama. Kebanyakan
pemain sering sering mempromosikan pion menjadi Ratu. Hal ini karena
gerakan Ratu sangat bebas jika dibandingkan dengan bidak-bidak lainnya.
Tidak ada peraturan yang membatasi bidak yang dipilih sebagai promosi,
jadi dimungkinkan memiliki bidak yang melebihi jumlah seperti saat awal
permainan (misalnya jadi memiliki dua Ratu).
- Skak => merupakan keadaan
saaat Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan. Pemain
yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal
ini dapat dilakukan dengan memakan bidak lawan yang
menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah
bidak di antaranya (apabila yang menyerang Ratu, Benteng, atau Gajah dan
ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke
petak yang tidak sedang diserang. Lalu saat Raja diskak dan tidak memiliki
jalan lain, maka ini yang disebut dengan SKAKMAT.
Nah itu dia caranya. Jika ada yang kurang
jelas atau ada yang ingin ditanyakan, boleh tanya di kolom komentar yaa.
Comments
Post a Comment