Jangan
jadikan pandemi ini sebagai hambatan untuk tetap berbuat baik dan berpikir
positif ya. Kita masih bisa berbuat banyak walaupun berada di rumah yakni
dengan menjaga komunikasi dengan orang lain dan membantu orang-orang yang
membutuhkan. Jika kita membuat orang lain
bahagia itu akan memberikan efek positif pada diri kita sendiri. Kita akan
merasakan ketenangan hati dan kepuasan batin. Banyak orang-orang di luar sana
yang membutuhkan bantuan kita diantaranya para petugas medis, korban bencana, anak-anak
yatim, bahkan banyak sekali orang yang sedang sakit.
Tapi seringkali kita masih merasa was-was atau merasa malas
keluar rumah untuk sekedar pergi ke bank atau ATM karena bantuan yang ingin
diberikan biasanya harus ditransfer. Maka dari itu, aku tergerak untuk berbagi ‘cara
mengaktifkan internet banking’ agar kita tidak harus keluar rumah untuk
bertransaksi. Ini khusus untuk Bank BRI ya karena aku belum tahu apakah semua
bank prosesnya sama atau tidak.
Internet banking biasa disebut juga dengan E-Banking. Ini merupakan
layanan yang ditawarkan oleh bank terkait yang bertujuan memberikan kemudahan
kepada nasabah untuk bertransaksi ataupun mendapatkan informasi yang diinginkan
melalui jaringan internet. Melalu internet banking kita dapat mengetahui informasi
saldo, mutasi rekening, melakukan transfer, pembayaran (pulsa, internet, listrik,
dll), dan masih banyak fitur-fitur lainnya.
Cara untuk mengaktifkan internet banking bisa dilakukan
melalui dua cara:
1. Langsung mengunjungi kantor cabang BRI terdekat
Persyaratan yang harus disiapkan diantaranya:
- Buku tabungan BRI
- ATM BRI
- Kartu identitas (KTP)
- Ponsel yang memiliki akses internet
- SIM Card atau nomor hand phone yang akan didaftarkan harus memiliki pulsa minimal Rp1000,-
- Email yang valid
- Jika persyaratan di atas telah terpenuhi, langsung saja datang ke kantor cabang BRI terdekat
- Biasanya satpam yang menjaga di depan pintu akan bertanya apa kepentinganmu. Katakan saja bahwa kamu ingin mengaktifkan internet banking. Kamu akan diberi nomor antrian yang menuju ke Customer Service
- Tunggu hingga nomor antrianmu dipanggil
- Lalu proses selanjutnya kamu akan dipandu oleh Customer Service
2. Melalui ATM
- Masukkan kartu ATM BRI
- Ketik PIN ATM kamu
- Pilih menu lainnya, lalu pilih “Internet Banking”
- Kamu akan diminta menginput PIN hingga dua kali
- Jika registrasi berhasil, maka akan muncul pesan “Registrasi internet banking berhasil dilakukan”
- User ID milikmu akan muncul
- Struk bukti pendaftaranmu akan keluar. Disana terdapat user ID mu, maka STRUK JANGAN DIBUANG
- Proses registrasi telah selesai
- Lakukan aktivasi internet banking melalui Customer Service di kantor cabang BRI terdekat (Lakukan seperti cara yang pertama)
NOTED: Walaupun sudah registrasi malalui ATM, kita masih
belum bisa menggunakan internet banking karena kita baru mendapatkan User ID
saja. Kita harus tetap aktivasi melalui Customer Service, disana ada formulir pendaftaran
yang harus diisi dan untuk mendaftarkan nomor handphone-mu.
Aktivitas internet banking BRI
dapat diakses oleh desktop atau handphone-mu
melalui laman ib.bri.co.id. Selain
itu, bisa juga melalui aplikasi BRI Mobile yang dapat diunduh dari Google Play
Store.
INGAT!
- Jangan bagikan User ID dan password-mu kepada siapapun. Termasuk jangan menyimpan password secara otomatis pada laptop atau handphone-mu
- Lakukan aktivitas internet banking hanya melalui laman resmi Bank BRI (ib.bri.co.id)
- Ganti password secara berkala
- Hindari login melalui jaringan publik (wifi umum)
- Apabila ada hal-hal yang mencurigakan, segera hubungi Call Center BRI dengan nomor 14017 atau (021) 500017
Semoga dengan segala kemudahan ini kita senantiasa berbuat baik untuk sesama😊
Comments
Post a Comment